Kamis, 13 Januari 2011

sejarah singkat lambretta :D


Lambretta GP 150

Lambretta Li Series II

Lambretta Sx 200

Lambretta GP dan DL

Italia, lebih dari negara lain, dikenal karena motorscooters nya. Dalam film, fotoRoma, atau dalam sebuahcerita tentang negeri ini dijemur, motorscootermerupakan fitur jelas dalam cara hidup Italia. Nama yang paling sering disebutkanketika skuter dibahas adalah Lambretta, dan kisah tenda ini adalah studi dariindustrialisasi pasca-perang di Italia. The Lambretta, seperti banyak saudara Eropa,terkunci dan terjalin dengan induk perusahaan yang memproduksi banyak produk lainnya selain dua kendaraan roda.

Kisah ini skuter legendaris sebenarnya dimulai pada 1922, ketika FerdinandoInnocenti pindah ke Roma dari Pescia asalnya untuk tujuan membangun sebuah pabrik. Produk ini industrialis giat adalah tabung baja, dan kecerdikan sepertiterlibat bahwa barang-barang Innocenti itu menjadi terkenal di seluruh Eropa.

Pada tahun 1931, Ferdinando pindah ke Milan, yang telah menjadi pusat industriItalia, dan sebuah pabrik yang lebih besar baru dan banyak dibangun. Mr Innocenti mengembangkan tabung baja mulus untuk industri, dan 6000 orang bekerja dipabrik ini.


Lalu datanglah Perang Dunia II, dan pabrik berkurang menjadi tumpukan puingmembara. Ketika dilihat tanah Ferdinando perang yang rusak pada tahun 1946, dia melihat jalan robek, kota-kota diratakan, dan rakyat kiri dengan cara sedikittransportasi. Seperti Mr Piaggio, ia beralasan bahwa jawaban untuk masalahtransportasi, adalah motorscooter - sebuah kendaraan yang akan menampilkanbiaya produksi yang rendah, menjadi murah untuk beroperasi, dan akanmenawarkan perlindungan cuaca yang lebih baik daripada sepeda motor. Produksimotorscooters dimulai pada tahun 1947, setelah satu tahun telah dibelanjakandalam mengembangkan dan menguji model prototipe. Seperti halnya Italia jelas,Lambretta's telah dibuat di seluruh dunia, dari tempat kelahiran mereka di Italiauntuk negara-negara lain seperti Spanyol, India, Argentina, Brazil, Chili dan banyak lagi. Meskipun beberapa produsen melakukan pasar Lambretta di bawah namaberbeda, seperti Serveta dari Spanyol, Siambretta dari Amerika Selatan, merekasemua berbagi desain keluarga yang datang berasal dari Italia.


Innocenti kematian datang pada saat penjualan skuter yang melambat karena mobilkecil memasuki pasar dengan harga yang terjangkau. BMC terjadi kesepakatan dengan Innocenti bagi mereka untuk memproduksi mobil di bawah lisensi dariBMC. Dalam kontrak ini adalah klausul harus Innocenti pernah memutuskan untukmenjual, BMC memiliki penolakan pertama. Yang tak terelakkan terjadi, Innocentitelah dijual kepada BMC, yang dengan cepat melihat produk Lambretta sebagaisebuah alat. Pemogokan industri panjang pun terjadi, bersama dengan penjualanskuter miskin pada akhirnya mengarah pada penutupan pabrik Innocenti pada tahun 1972. Pabrik itu dijual kepada pemerintah India, dan Scooters India Ltd mulaiproduksi dengan menggunakan perkakas Innocenti sekitar dua tahun kemudian.SIL berhenti memproduksi skuter roda dua pada tahun 1998, dan hari ini bertahan hidup memproduksi versi mereka sendiri dari bajaj Lambro.

Dan menurut sejarah inilah urutan dari model-modelnya :

  • Model A, 1947–48
  • Model B, 1948–50
  • Model C/LC, 1950–51
  • Model D, 1951–57
  • Model LD, 1951–58
  • Model E, 1953–54
  • Model F, 1954–55
  • TV Series 1, 1957–59
  • Li Series 1, 1958–59
  • Li Series 2, 1959–61
  • TV Series 2, 1959–62
  • Li Series 3, 1961–67
  • TV/GT Range, 1962–65
  • Li Special, 1963–69
  • J Range, 1964–71
  • SX Range, 1966–1969
  • Lui/Vega/Cometa, 1968–70
  • GP/DL Range, 1969-71 (Italy)
  • GP/DL, 1972-98 (India)

1 komentar:

  1. mantep gan review nya. makin belajar banyak tentang lambretta sama vespa nih. banyak model yg belom ane tau juga ternyata. nice share and blog gan. mampir jg tempat ane gan.. :)

    http://antiquescoopa.blogspot.com/

    BalasHapus