Minggu, 23 Januari 2011

sejarah singkat dari jaket harrington





Sebuah jaket Harrington adalah jaket pinggang ringan, terbuat dari kapas, wolpolyester, atau suede - biasanya dengan tradisional tartan Fraser atauperiksa-lapisan berpola.

Jaket Harrington-gaya pertama dibuat oleh Baracuta pakaian perusahaan Inggrisdi Stockport, Chesire di tahun 1930-an. Pada tahun 2008, perusahaan masihmembuat model yang sama, G9. Elvis Presley mempopulerkan G9 Baracuta ketikaia memakai itu tahun 1958 film King nya Creole. Gaya jaket Harrington mendapatjulukan karena dipakai oleh karakter Rodney Harrington (diperankan oleh RyanO'Neal) dalam opera sabun prime time 1960 Peyton Place.

Serupa dengan tahun 1950-an Amerika Serikat melihat Ivy League, jaket menjadimodis di Inggris pada tahun 1960 antara mods dan skinhead. Mereka kembalimenjadi populer di akhir 1970-an dan awal 1980-an dengan revivalis skinheaddan mod, serta dengan scooterboys. Dalam subkultur tersebut, Harringtons seringdikenakan dengan Fred Perry atau Ben Sherman shirt. Selain Baracuta,perusahaan yang telah membuat jaket Harrington meliputi: Merc London, FredPerry, Tesco, Izod, Ben Sherman, Lacoste, Lyle dan Scott, Lonsdale dan WarriorBusana.
Pada tahun 2007, untuk merayakan ulang tahun ke-70 merek tersebut, Baracutamerilis tiga jaket edisi G9 khusus dengan kutipan oleh Presley, Steve McQueendan Frank Sinatra - semuanya pemakai sering dari Harrington - tercetak padalapisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar